Cara Agar Rezeki Lancar Menurut Islam

Didalam sebuah kehidupan, mengenai rezeki yang dimiliki oleh seseorang atau makhluk tuhan tidak ada yang tau kadarnya atau jumlanya. Namun, rezeki setiap umat di dunia sudah diatur oleh Allah SWT. kita sebagai umat yang beragama hanya bisa berusaha dan bekerja keras untuk memperoleh rezeki sebagai cara kita untuk menyambung hidup.


Sesuai dengan yang tertera dalam Al Quran QS. Huud ayat 6. Allah telah menanggung rezeki semua umatnya, tidak ada satu makhluk di muka bumi yang tidak ditanggung oleh Allah. Jadi kembali lagi ke ketetapan Allah, kita sebagai umat manusia harus memaksimalkan apa yang telah diberi karunia oleh-Nya untuk dapat mencari rezeki lancar dan Allah akan menetapkan atau memberikan rezeki melalui perantara apa yang kita kerjakan.


Jadi sebagai umat yang taat pada aturan agama, kita harus dapat memanfaatkan dengan baik semua yang diberikan oleh Allah kepada kita. Mulai dari bagaimana kita berperilaku, mencari rezeki (harus mencari dengan cara yang halal), memanfaatkan rezeki ( memanfaatkan dengan kegiatan yang tidak dilarang agama dan dimanfaatkan sewajarnya tidak dihambur hamburkan).
Walaupun rezeki umat di muka bumi sudah dijamin oleh Allah SWT, masih saja banyak umatnya yang mengeluh bahwa rezeki yang diberikan tidak lancar atau selalu ada masa keterpurukan. Sebenarnya yang membuat rezeki lancar atau tidak itu tergantung pada umat masing-masing.


Apabila umat dimuka bumi melakukan kegiatan yang diperintahkan oleh agama, maka Allah akan mempermudah umatnya untuk memperoleh rezeki. Karena Allah menyukai orang-orang yang taaat dalam agamanya. Lain halnya dengan umat yang melakukan hal hal yang jels jelas sudah dilarang oleh agama, maka Allah tidak akan menyukai umat tersebut sehingga rezeki yang diberikan juga akan sulit karena ulahnya yang melanggar aturan agama.


Jadi, untuk memperoleh rezeki lancar dan bermanfat semua umat di muka bumi harus menjalankan perintah agama. Mulai dari perintah yang wajib sampai perintah yang di sunnahkan. Salah satunya adalah dengan cara kita selalu taat kepada orang tua, menjalankan ibadah, selalu bersyukur dan istighfar setiap kali perbuatan yang kita lakukan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai 3 cara agar memperlancar rezeki, simak penjelasan berikut ini:

Selalu bersyukur


Bersyukur dalam setiap apa yang diberikan oleh karunia-Nya adalah kunci utama agar mendapatkan rezeki. Karena dalam Al quran sudah dijelaskan bahwa Allah berjanji akan menambahkan kenikmatan kepada umat yaang sering bersyukur.

Bersyukur yang dimaksudkan disini adalah mensyukiri segala nikmat yang diberikan kepada kita, baik nikmat yang dalat terlihat maupun tidak seperti kenikmatan dapat hidup dengan sehat yang banyak sekali umatnya yang melupakan untuk mensyukurinya.


Kebanyakan umat didunia beranggapan rezeki lancar itu dengan adanya banyak uang yang diberikan. Hal inilah yang perlu diluruskan karena rezeki yang diberikan umatnya bukan hanya berbentuk material saja namun kesehatan, ilmu dan keluarga yang tentram merupakan rezeki yang diberikan Allah kepada umatnya.


Rajin beribadah


Rajin beribadah yang dimaksudkan disini adalah harus rajin untuk beribadah baik yang sifatnya wajib maupun sunnah. Jika kita telah melaksanakan ibadah wajib maka kita akan dilapangkan rezeki olehNya, apalagi jika kita melaksanakan ibadah yang sunnah terutama melakukan shalat dhuha.

Dengan melaksanakan shalat dhuha, kita berarti juga meminta sebuah rezeki yang mudah dan luas. Karena shalat dhuha sendiri memiliki arti shalat pembuka rizki.

Apabila umat dimula bumi sering melaksanakan shalat dhuha, maka insyaAllah ada kemungkinan untuk Allah memberikan rezeki lancar dengan membukakan pintu rezeki dari arah yang tidak dapat disangka-sangka.


Taat dan patuh kepada orang tua


Hal yang terakhir ini tidak dapat diragukan lagi, karena jika kita mematuhi apa saja yang dikatakan oleh orang tua mka kemungkinan besar Allah akan membukakan dan memberikan rezeki kepada kita. Karena setiap ridho orang tua merupakan ridha Allah.

Jadi ada baiknya kita sebagai anak harus taat dan patuh agar membukakan rezeki juga atas balas budi yang dapat dilakukan karena selama ini telah merawat dengan penuh kasih sayang.


Demikian tadi mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan rezeki yang lancar dan bermanfaat menurut islam. Semoga cara ini dapat dilaksanakan dengan baik dan memperoleh manfaatnya. Amin Ya Robbal Alamin.

 44 total views,  2 views today