Tips Agar Menjadi Karyawan Yang Disukai dan Memiliki Banyak Rekan Kerja

Biasanya anda akan berjumpa dengan rekan kerja nyaris setiap hari. Tak heran segala gerak-gerik anda akan mendapatkan perhatian dari mereka.

Sebagai sesama karyawan tentu anda ingin bisa disukai rekan kerja. Dengan demikian anda akan memiliki banyak teman, tercipta rasa kekeluargaan, nyaman ketika bekerja dan tidak dikucilkan.

Dengan kondisi lingkungan yang baik, andapun mampu meraih karier anda dengan lebih cepat.

Nah berikut tips agar anda bisa disukai dan memiliki banyak rekan kerja .

Pertama, Tidak Pelit ilmu Bila Diminta Sharing

Kebanyakan karyawan yang tidak mau berbagi ilmu itu karena punya perasaan takut tersaingi oleh rekan kerja. Bisa jadi mereka berpura-pura tidak tahu atau sibuk apabila ada temannya yang minta diajari atau bertanya suatu hal.

Berbagilah ilmu yang anda miliki jika ada rekan kerja anda yang membutuhkan. Ilmu yang anda miliki tak akan hilang, justru malah akan bertambah. Terkadang gagasan-gagasan lain muncul ketika anda sharing ilmu dengan rekan kerja yang lain.

Anda mungkin tertarik juga dengan Manfaat Buka Aura

Kedua, Miliki Sifat Rajin

Siapa yang tak suka dengan sifat ini, semua orang suka jika melihat karyawan rajin. Miliki gairah semangat bekerja sehingga anda selalu bisa semangat dan rajin dalam bekerja.

Jangan sampai anda rajin hanya di awal-awal anda kerja saja, namun setelah itu melempem. Nah agar selalu rajin, anda bisa memperhatikan hal berikut : Minimalisir keluhan, karena mengeluh tidak akan menyelesaikan pekerjaan anda dan sebaliknya menambah masalah.

Kemudian Anda juga bisa mencicil pekerjaan, semua pekerjaan akan terasa ringan apabila anda bisa mencicilnya. Hindari sikap menunda-nunda karena hal ini hanya akan membuat anda semakin stres karena menumpuknya pekerjaan, sedangkan anda dikejar deadline.

Ketiga, Menghargai rekan kerja

Sudah sepatutnya dimanapun kita berada harus saling menghargai. Apalagi ditempat kerja dimana anda beraktivitas bersama-sama rekan kerja.

Semisal anda berbeda pendapat dengan rekan kerja anda, maka alangkah baiknya dengarkan dia terlebih dahulu sampai dia menyampaikan opininya.

Selanjutnya anda bisa sampaikan pendapat anda dengan bahasa yang sopan dan argumen yang kuat. Sehingga bisa berjalan sebagaimana diskusi yang baik.

Selain saling menghormati dalam hal pendapat, tentunya setiap karyawan memiliki latar dan kebiasaan yang berbeda-beda. Hindari obrolan-obrolan yang sifatnya mengkritik rekan kerja lainnya.

Keempat, Selalu Ramah dan Rendah Hati

Seberat apapun masalah yang sedang anda hadapi, anda harus tetap ramah kepada rekan kerja anda. Tersenyumlah  dan sapa mereka ketika berpapasan. Memiliki kebiasaan ini akan membuat anda terlihat sebagai seorang yang layak dihormati. Semisal mengucapkan selamat pagi atau sekedar bertanya kabar.

Selain itu milikiah sikap rendah hati, walaupun anda punya kelebihan dibidang materi atau prestasi akademik, selalu bersikap rendah hati. Ingat filosofi tanaman padi, semakin berisi semakin menunduk.

Jangan sampai prestasi yang anda miliki mengubah sikap anda menjadi sombong, karena hal tersebut akan membuat diri anda dijauhi rekan kerja.

Kelima, Tidak mencari Muka pada Atasan

Milikilah jiwa profesional dalam mengejar karier anda. Raih prestasi anda dengan kemampuan yang anda miliki bukan dengan menjilat atasan.

Karyawan yang suka menjilat atasan dengan menjelek-jelekan teman kerja, atau mencari-cari kesalahan teman kerja hanya akan menambah masalah.

Cepat atau lambat hal tersebut akan diketahui oleh teman kerja anda. Dan bisa jadi atasanpun tidak menyukai hal yang demikian karena atasan bisa saja memiliki penilaian yang objektif.

Fokuslah pada pekerjaan dan tanggung jawab anda, lakukan pekerjaan dengan sebaik-baiknya.

Ke-enam, Aktif dan semangat dengan kegiatan yang diadakan rekan kerja

Bila teman-teman kerja anda mengadakan suatu kegiatan, semisal olahraga bersama atau acara akhir tahun perusahaan, anda bisa ikut dan aktif pada kegiatan tersebut. Hal ini akan membuat anda semakin akrab dengan mereka. Semakin sering anda melakukan kegiatan bersama, anda akan memiliki banyak kenangan baik bersama rekan kerja anda.

Ke-Tujuh, Tidak Mencuri Ide Rekan Kerja

Ide adalah suatu hal penting yang akan membawa perkembangan pada projek yang anda kerjakan. Ide bisa datang darimana saja bekerjalah sekreatif mungkin agar projek yang anda kerjakan bisa berhasil. Namun jangan sampai mencuri ide teman kerja anda, karena hal tersebut bukanlah hal yang baik. Dan pastinya anda juga akan merasa sakit hati bila Ide anda di curi oranga bukan?

Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk anda dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

 801 total views,  2 views today