Cara Membuat Karyawan Loyal dan Disiplin Dalam Bekerja

Beberapa waktu yang lalu ada seorang sahabat yang konsultasi

Mbak Febri bagaiamana sih caranya agar karyawan loyal dan disiplin?”

Selain minta dibuatkan sarana aura khusus ia juga meminta tips-tips lain agar bisa memiliki karyawan yang loyal rajin dan disiplin.

Nah…. perlu anda tahu karyawan adalah unsur yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Tanpa karyawan tentu perusahaan tidak akan dapat berjalan.

Namun terkadang ada saat dimana karyawan mulai merasa lelah dan tidak disiplin, adapula yang mulai jenuh dan tidak loyal pada perusahaan.

Kemudian apa yang seharusnya dilakukan? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar karyawan semakin loyal dan disiplin.

 

  1. Berikan Hak Karyawan Dengan Adil

Sebelum anda menuntut karyawan anda loyal dan rajin, cobalah introspeksi terlebih dahulu. Apakah anda sudah memberikan hak-hak karyawan anda sesuai kesepakatan kontrak kerja antara anda dan karyawan.

Dengan memberikan hak-hak karyawan sebagaimana mestinya, maka karyawan itu akan terpacu untuk giat bekerja sekaligus betah bekerja di perusahaan anda.

 

  1. Bebaskan Karyawan untuk Berkreatifitas dan Berpendapat

Salah satu cara membuat  karyawan nyaman bekerja adalah membiarkan ia sekreatif mungkin menangani pekerjaannya. Hal ini akan memicu suasana kerja yang kondusif  sehinga membuat karyawan bisa lebih rajin dan giat dalam melakukan sesuatu. Selain itu juga bebaskan karyawan untuk menyampaikan pendapat serta aspirasinya utamanya saat dalam pengambilan keputusan bersama. Siapa tahu ide cemerlang justru datang dari karyawan anda kan ?

 

Mungkin anda juga ingin membacar : cara membuka aura atau ciri aura tertutup

 

  1. Beri Reward dan Punishmen

Tentunya perusahaan mempunyai banyak aturan, dan peraturan yang baik adalah peraturan yang tegas dan tetap mausiawi.

Namun agar bisa berjalan dengan baik tentu harus ada reward dan punishmen (Hadiah dan Hukuman).

Bila karyawan anda disiplin mentaati peraturan dan berproduktivitas yang menguntungkan bagi anda, maka anda  bisa memberikan reward berupa  bonus, cuti atau promosi jabatan kepada karyawan anda. Dan apabila melakukan kesalahan segera berlakukan hukuman sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini harus anda lakukan dengan konsiten dan seimbang agar karyawan tetap loyal dan disiplin.

 

  1. Sikapi Karyawan Sebagai Rekan Bukan Bawahan

Anggaplah mereka adalah rekan kerja anda, karena hal itu akan membuat meraka nyaman dan merasa tidak terbebani akan kehadiran anda.

 

 

  1. Buat Lingkungan Kerja Yang Kondusif

Untuk bisa membuat lingkungan kerja kondusif bukan hanya sekadar menata ruangan senyaman mungkin, namun juga menjaga hubungan antar karyawan antara satu dengan lainnya. Anda bisa mengadakan kegiatan bersama diluar ruangan agar keakraban bisa terus terjalin. Jika anda permasalahan antar karyawan segera selesaikan agar suasana nyaman tetap bisa dipertahnkan. Dorong karyawan anda agar bisa bekerja saling mendukung dan menghargai satu sama lain, bukan persaingan yang saling menjatuhkan.

Demikian semoga bermanfaat untuk anda.

Wasslamualaikum dan salam bahagia!

 816 total views,  2 views today